Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLBN 1 Padang Panjang

Rahmah, Rima Siti (2019) Efektivitas Strategi Mastery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLBN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIMA_SITI_RAHMAH_15003028_5005_2019.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN 1 Padang Panjang kelas VII pada anak tunagrahita ringan yang terdiri dari 5 siswa dari satu kelas dimana anak tersebut sudah diajarkan beberapa keterampilan vokasional tetapi keterampilan vokasional membuat puding cokelat susu belum pernah diajarkan. Selain itu, guru dalam mengajarkan keterampilan masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa menjadi bosan karena terlalu monoton. Untuk mengatasi hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas strategi mastery learning dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat puding cokelat susu di kelas VII SLBN 1 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Pre-Eksperimental dengan jenis design one group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pretest), tahapan kedua yaitu pemberian perlakuan (treatment) dalam meningkatkan keterampilan membuat puding cokelat susu dengan menggunakan strategi mastery learning, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (posttest). Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari kelima siswa dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat puding cokelat susu setelah diolah serta dibandingkan menggunakan data yang diolah dengan uji Wilcoxon Sign Rank test nilai yang dihasilkan 2.032 dengan probabilitas dan Asymp sig. (2-tailed) = 0.042, dari uji analisis yang ditetapkan yaitu α=0.05 sehingga probabilitas yang didapatkan 0.042<0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga strategi mastery learning efektif untuk keterampilan vokasional membuat puding cokelat susu bagi anak tunagrahita ringan di SLBN 1 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 May 2020 08:34
Last Modified: 27 May 2020 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26623

Actions (login required)

View Item View Item