Pengaruh Metode Snowball Throwing trhadap Keberhasilan Belajar Kognitif Peserta Didik Paket C di SPNF SKB Kab. Padang Pariaman

Syafmaini, Iis Elfa (2019) Pengaruh Metode Snowball Throwing trhadap Keberhasilan Belajar Kognitif Peserta Didik Paket C di SPNF SKB Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_IIS_ELFA_SYAFMAINI_15005044_4009_2019.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar kognitif yang tinggi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik Paket C yang tinggi pada tahun 2018. Hal tersebut diduga karena berbagai metode pembelajaran yang diterapkan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melihat pengaruh metode snowball throwing terhadap keberhasilan belajar kognitif peserta didik Paket C tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: melihat keberhasilan belajar kognitif sebelum perlakuan, melihat keberhasilan belajar setelah perlakuan, dan pengaruh metode snowball throwing terhadap keberhasilan belajar kognitif peserta didik paket C di SKB Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen ini menerapkan Pre-Experimental Designs. Rancangan atau desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest and posttest design. Instrumen penelitian berupa tes yaitu pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti pembelajaran paket C tahun 2019 di SKB Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 40 orang dengan sampel sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar rendah tanpa penggunaan metode snowball throwing, hasil belajar meningkat karena penggunaan metode snowball throwing dan terdapat pengaruh signifikan penerapan metode snowball throwing dengan keberhasilan belajar kognitif peserta didik. Artinya pada hasil analisis data dan temuan pada penelitian dapat ditarik simpulannya bahwa metode snowball throwing berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan belajar kogitif peserta didik paket paket C di SKB Kab. Padang Pariaman. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode sehingga keberhasilan belajar dapat diperoleh dengan baik, penerapan metode pembelajaran snowball throwing hendaknya menjadi metode yang menarik dan menyenangkan serta melibatkan peserta didik secara aktif sehingga hasil belajar dapat meningkat, dan diharapkan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode yang tepat dan sesuai kebutuhan sehingga dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap keberhasilan belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, Keberhasilan Belajar Kognitif, Paket C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 May 2020 08:34
Last Modified: 27 May 2020 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26621

Actions (login required)

View Item View Item