Analisis Model Pembelajaran Kompetensi Teknik Pemesinan Berbasis Project Based-Learning

Ramli, Ramli (2016) Analisis Model Pembelajaran Kompetensi Teknik Pemesinan Berbasis Project Based-Learning. In: Prosiding: Peranan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Padang, 2016.

[img]
Preview
Text
pros-nas-aptekindo-2016 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat capaian: (1) permasalahan pelaksanaan pembelajaran kompetensi teknik pemesinan di jurusan teknik mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dan (2) mengevaluasi rancangan model project based learning (pbl) untuk mata kuliah kompetensi keahlian teknik pemesinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 Jurusan Teknik Pemesinan sebanyak 92 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dipilih sebanyak 30 orang mahasiswa. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) menurut pendapat mahasiswa pembelajaran yang berlangsung di Jurusan Teknik Mesin belum sesuai antara harapan dan kenyataan, dan (2) rancangan model project based learning (pbl sangat cocok untuk pembelajaran kompetensi teknik pemesinan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:34
Last Modified: 07 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item