Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 9 bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri 05 Air Tawar Barat

Maulani, Putri (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 9 bagi Siswa Kelas IV di SD Negeri 05 Air Tawar Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PUTRI_MAULANI_15129141_4041_2019.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi di SD Negeri 05 Air Tawar Barat, ditemukan bahwa hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu masih rendah. Hal ini terjadi, karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian menggunakan model Project Based Learning. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model Project Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Observasi, dan d) Refleksi. Penlitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat dengan jumlah 33 siswa, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP siklus I 86,25% (B) meningkat pada siklus II 95% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru siklus I 84,38% (B), meningkat pada siklus II 93,75% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan siswa siklus I 81,25% (B), meningkat pada siklus II 87,5% (SB). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 73,12 dengan prediket cukup (C) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,67 dengan prediket baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 May 2020 01:26
Last Modified: 19 May 2020 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item