Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang

Novela, Resi (2019) Pelaksanaan Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak Alam Minangkabau Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RESI_NOVELA_15022054_4695_2019.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kolaborasi Guru dan orang tua anak dalam perkembangan anak berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari eratnya hubungan guru dan orang tua dalam hal perkembangan anaknya. sekolah mengupayakan untuk menjembatani guru dan orang tua dengan bentuk kolaborasi seperti, komunikasi, surat-menyurat buku penghubung, dan menggunakan via ponsel, penerimaan lapor, untuk memberitahu orang tua apa saja yang dipelajari anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan menggambarkan tentang pelaksanaan kolaborasi guru dan orang tua dalam perkembangan anak di Taman KanakKanak Alam Minangkabau. Jenis penelitian Ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah para kepala sekolah, guru, dan orang tua. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaaan kolaborasi guru dan orang tua dalam perkembangan anak di Taman Kanak-Kanak alam Minangkabau berjalan dengan baik, yaitu pada saat penyambutan dan penjemputan anak disana guru dan orang tua akan bercerita bagaimana anak di rumah dan di sekolah, dan juga melalui buku penghubung yaitu karena orang tua yang tidak bisa mengantarkan anaknya ke sekolah melalui buku penghubung untuk menyampaikan pesan tentang perkembangan anak atau masalah anak. Berikutnya guru menggunakan via ponsel untuk memberitahu kejadian yang telah terjadi pada anaknya. Selajutnya yaitu surat menyurat untuk memberitahu kegiatan yang akan dilakukan sekolah,, berikutnya yaitu penerimaan rapor yang dalam 1 termen yaitu rapor portofolio dan rapor narasi yang menceritakan tentang perkembangan anak secara keseluruhan. Ada beberapa hambatan yang dapat diatasi. Manfaat yang di dapatkan dangan banyak sekali oleh guru, orang tua, dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 May 2020 01:24
Last Modified: 19 May 2020 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item