Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini

Anggraini, Vivi and Yulsyofriend, Yulsyofriend and Yeni, Indra (2019) Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). pp. 73-84. ISSN Print: 2599-0438 dan Online: 2599-042X

[img]
Preview
Text
SIMULASI BAHASA ANAK USIA DINI.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagog...

Abstract

Perkembangan bahasa sangatlah penting dikembangkan karena bahasa alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang menyatakan pikiran, perasaan, dan keiinginannya. Berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan individu tentang adat dan sopan santun. Pada tahapan perkembangan bahasa anak usia dini diawali dengan proses mendengar atau menyimak. Dengan mengajak anak bernyanyi lagu minangkabau bersama, kita memberi anak pengalaman yang berharga lagi menyenangkan, yang dilakukan bersama-sama. Adapun perolehan bernyanyi yang diharapkan, adalah agar anak: (1) mendengar dan menikmati lagu; (2) mengalami rasa senang bernyanyi bersama; (3) mengungkapkan pikiran, perasaan, dan suasana hatinya; (4) merasa senang bernyanyi, dan anak dapat belajar bagaimana mengendalikan suara; (5) menambah perbendaharaan kosa-kata melalui lagu

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 13 May 2020 04:55
Last Modified: 13 May 2020 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26565

Actions (login required)

View Item View Item