Efektivitas Teknik Mingle untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 2 Padang

Yurmalina, Elfia (2019) Efektivitas Teknik Mingle untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB N 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ELFIA_YURMALINA_15003088_3584_2019.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dalam pelaksaanannya mempunyai banyak komponen, seperti rencana pembelajaran, metode, media, teknik dan sebagainya. Pada saat belajar membaca anak kurang tertarik untuk belajar sehingga anak sulit dalam menguasai materi. Seperti pada membaca permulaan, terdapat beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam menunjukkan huruf yang diperintah, merangkai huruf menjadi suku kata, merangkai suku kata menjadi kata dan membaca kata. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan teknik mingle dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Karena dengan teknik mingle anak belajar sambil bermain, sehingga anak tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah “apakah teknik mingle efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 2 Padang?”. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen dengan bentuk pre experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Dimana subjek enam orang anak tunagrahita ringan, diberikan pretest selanjutnya diberikan treatment dengan teknik mingle, dan dilanjutkan dengan memberikan posttest untuk melihat kemampuan setelah treatment. Nilai dari pretest dan posttest diolah, serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam membaca permulaan sebelum menggunakan teknik mingle sangat rendah, namun dengan menggunakan teknik mingle kemampuan anak tunagrahita ringan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil perhitungan diperoleh Uhitung= 15 dan Utabel= 7. Berdasarkan pengujian hipotesis Ha diterima dengan Uhit ≥ Utab. Dapat disimpulkan bahwa teknik mingle terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak tunagrahita ringan di SLB N 2 Padang. Kata kunci: Teknik mingle, membaca permulaan, tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 May 2020 03:49
Last Modified: 13 May 2020 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26564

Actions (login required)

View Item View Item