Gambaran Penggunaan Sumber Belajar pada Pelatihan Keterampilan Tata Boga di SPNF SKB Kota Pariaman

Mafira, Ainil (2019) Gambaran Penggunaan Sumber Belajar pada Pelatihan Keterampilan Tata Boga di SPNF SKB Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_AINIL_MAFIRA_14005002_4021_2019.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya keberhasilan warga belajaran pada program pelatihan keterampilan tata boga hal ini diduga karena penggunaan sumber belajar yang digunakan oleh instruktur di SPNF SKB Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sumber belajar yang dilihat dari aspek manusia, bahan, peralatan dan lingkungan yang digunakan oleh instruktur menurut pendapat warga belajar dalam kegiatan pelatihan keterampilan tata boga. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program pelatihan tata boga di SPNF SKB Kota Pariaman yang berjumlah 20 orang. Sampel diambil sebanyak 75% yakni 15 orang sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan alat pengumpul data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data penelitian menggunakan persentase tes. Hasil penelitian bahwa (1) Sumber belajar dari aspek manusia pembelajaran yang digunakan oleh instruktur menurut pendapat warga belajar dalam kegiatan pelatihan keterampilan tata boga baik, (2) Sumber belajar dari aspek bahan pembelajaran yang digunakan oleh instruktur menurut pendapat warga belajar dalam kegiatan pelatihan keterampilan tata boga baik, (3) Sumber belajar dari aspek peralatan pembelajaran yang digunakan oleh instruktur menurut pendapat warga belajar dalam kegiatan pelatihan keterampilan tata boga baik, (4) Strategi sumber belajar dari aspek lingkungan pembelajaran yang digunakan oleh instruktur menurut pendapat warga belajar dalam kegiatan pelatihan keterampilan tata boga baik. Untuk itu peneliti menyampaikan beberapa saran: yaitu: (1) Kepada instruktur agar dipertahakan dalam penggunaan sumber belajar yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran. (2) Diharapkan kepada pengelola SPNF SKB untuk melakukan upaya atau kinerja dalam rangka mempertahankan keberhasilan pada setiap kegiatan melalui penggunaan sumber belajar. (3) Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk lebih menggali informasi mengenai sumber belajar dengan menggunakan variabel yang lain. Kata kunci: Sumber Belajar, Pelatihan, Keterampilan, Tata Boga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 May 2020 00:01
Last Modified: 13 May 2020 00:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item