Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala SMKN 3 Padang

Rahmiwati, Rahmiwati (2019) Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala SMKN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAHMIWATI_15002026_4016_2019.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan pengamatan penulis di SMKN 3 Padang yang menunjukkan masih kurang baiknya pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi guru tentang tahap pertemuan awal pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang, memperoleh gambaran persepsi guru tentang tahap pengamatan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang, memperoleh gambaran persepsi guru tentang tahap pertemuan-balikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang, dan memperoleh gambaran persepsi guru tentang pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang secara keseluruhan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru SMKN 3 Padang dengan jumlah 87 orang. Besar sampel penelitian ini adalah 49 orang yang ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian ini menggunakan angket model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba angket adalah valid dan reliabel berdasarkan data yang dianalisis menggunakan SPSS 16.0. Data hasil penelitian diolah menggunakan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang tahap pertemuan awal berada pada kategori cukup baik; 2) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang tahap pengamatan berada pada kategori cukup baik; 3) Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang tahap pertemuan-balikan berada pada kategori cukup baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala SMKN 3 Padang berada pada kategori cukup baik dengan skor 3,59. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada kepala SMKN 3 Padang untuk lebih meningkatkan lagi pelaksanaan supervisi akademik tahap pertemuan awal, tahap pengamatan, dan tahap pertemuan-balikan di sekolah agar kemampuan guru dapat lebih meningkat lebih baik juga. Kata Kunci: kepala sekolah, supervisi akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 May 2020 00:01
Last Modified: 13 May 2020 00:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item View Item