Efektivitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Pop Up Photo Bagi Anak Tunarungu (Pre-Eksperimental Design di SLB N 2 Pariaman)

Putri, Yola Marlia (2019) Efektivitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Pop Up Photo Bagi Anak Tunarungu (Pre-Eksperimental Design di SLB N 2 Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YOLA_MARLIA_PUTRI_15003077_3422_2019.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan dimana terdapat lima orang siswa tunarungu yang mengalami permasalahan pada pembelajaran keterampilan. Pada pembelajaran keterampilan siswa terlihat kurang tertarik dan berminat pada pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa mudah bosan pada saaat pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mencobakan media video tutorial dalam membuat keterampilan pop up photo. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media video tutorial dalam keterampilan membuat pop up photo bagi anak tunarungu di SLBN 2 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan jenis design one group pretest and posttest. Dimana subjek terdiri dari lima orang anak tunarungu. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, diawali dengan pretest yaitu sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya diberikan treatment dalam keterampilan membuat pop up photo dengan menggunakan video tutorial dan terakhir diberikan posttest. Nilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan Uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian diperoleh Uhit = 25 dan Utab = 4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit > Utab, ini membuktikan bahwa video tutorial efektif digunakan dalam membuat keterampilan pop up photo bagi anak tunarungu di SLB 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 May 2020 05:10
Last Modified: 11 May 2020 05:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item