Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Kegiatan IPA Kelas VIII

Situmorang, Kharismawati (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Kegiatan IPA Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_KHARISMAWATI_SITUMORANG_15004010_2019.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 15 Padang, yang disebabkan oleh sumber belajar yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan multimedia interaktif model tutorial yang valid sesuai kriteria kelayakan media. (2) Menghasilkan multimedia interaktif model tutorial yang praktis untuk digunakan. (3) Menghasilkan multimedia interaktif model tutorial yang efektif pada mata pelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahap proses penelitian ini yang pertama adalah tahap analisis, yaitu analisis lapangan, analisis pengguna, analisis kurikulum, analisis media, dan analisis sarana prasarana. Tahap kedua adalah desain, yaitu tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk awal. Tahap ketiga adalah pengembangan, yaitu pembuatan multimedia interaktif, selanjutnya validasi produk yang dilakukan oleh 2 orang ahli media yaitu dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, dan 1 orang ahli materi yaitu guru mata pelajaran IPA SMPN 15 Padang. Tahap keempat adalah implementasi yaitu uji kepraktisan melalui angket yang diberikan kepada siswa dengan jumlah responden 30 orang, selanjutnya adalah uji efektivitas yaitu memberikan soal pre-test dan post-test. Tahap kelima adalah evaluasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 93,17% dan aspek media berada pada kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 92,96%. Hasil uji coba kepraktisan adalah 90,73% dengan kategori “sangat praktis”. Sedangkan uji efektivitas memperoleh thitung>ttabel dengan hasil thitung 21,60 sedangkan ttabel 1,699. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif model tutorial layak, praktis dan efektif digunakan pada kegiatan praktikum IPA kelas VIII di SMPN 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2020 23:58
Last Modified: 10 May 2020 23:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item