Pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Ramdanti, Zulfa (2019) Pengaruh Penggunaan Model Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ZULFA_RAMADANTI_15004071_5123_2019.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Perubahan Mata pelajaran TIK menjadi Bimbingan TIK menyebabkan alokasi waktu belajar TIK menjadi terbatas, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap penguasaan siswa di bidang TIK, mengingat dalam K13 TIK harus diintegrasikan disemua mata pelajaran. Tidak hanya keterbatasan waktu kelemahan lain yang tampak yakni pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan mengandalkan LKS sebagai sumber belajar, menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu solusi yang dapat mengatasi masalah ini adalah melalui penggunaan model yang tepat. Salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP Negeri 22 Padang setelah menggunakan model Flipped Classroom. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode Quasy Experimen, dan populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII.1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan tes perbuatan yang penilaiannya menggunakan daftar ceklis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett, dan uji hipotesis dengan t-tes pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Flipped Classroom dengan nilai rata-rata 74,367 dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 65,852. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan hasil analisis nilai thitung 4,053 > ttabel 2,000 untuk taraf signifikan α 0,05 dan dk 55. Oleh karena itu, penggunaan model Flipped Classroom berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bimbingan TIK kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Kunci : Pengaruh, Bimbingan TIK, Model Flipped Classroom, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2020 23:57
Last Modified: 10 May 2020 23:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item