Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Padang

Adrila, Warnifa (2019) Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WARNIFA_ADRILA _1204465_4281_2019.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di SMP Negeri 16 Padang. Dilihat dari masih adanya kinerja guru yang rendah dalam melaksanakan tugas pembelajaran dilingkungan sekolah seperti endahnya keterampilan guru dalam penggunaan metode pembelajaran sehingga guru cenderung menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Kurangnya persiapan guru dalam proses pembelajaran dan tidak menggunakan RPP dalam proses pembelajaran. Rendahnya keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran. Rendahnya pembahaman guru mengenai karakteristik siswa. Rendahnya penguasaan guru dalam memahami materi pembelajaran. Guru kurang optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi mengenai persepsi siswa terhadap kinerja guru berdasarkan aspek kualitas kerja guru, aspek tanggung jawab kerja guru, aspek disiplin kerja guru dan aspek inisiatif kerja guru dalam mengajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptf. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dn VIII di SMP N 16 Padang yang berjumlah 526 orang. Besar sampel adalah 105 orang dari jumlah populasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data hasil penelitian dianalisis dengan menghitung jawaban dengan rumus mean (rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran : (1) Pada aspek kualitas kerja guru berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata 3,41 perolehan tingkat capaian 68,2%. (2) Pada aspek tanggungjawab kerja guru berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata 3,41 perolehan tingkat capaian 68,2%. (3) Pada aspek disiplin kerja guru berada pada kategori baik dengan rata-rata 3,72 perolehan tingkat capaian 74,4%. (4) Pada aspek inisiatif kerja guru berada pada kategori cukup baik dengan rata- rata 2,63 perolehan tingkat capaian 52,6%. (5) Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Padang berada pada kategori Cukup Baik dengan rata-rata 3,29 dengan perolehan tingkat capaian 65,85%. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 May 2020 23:57
Last Modified: 10 May 2020 23:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26543

Actions (login required)

View Item View Item