Penyesuaian Diri Mahasiswa di Tempat Kos (Studi Deskriptif-Komparatif Mahasiswa yang Berasal dari Luar dan dalam Sumatera Barat)

Mayesti, Sindi (2019) Penyesuaian Diri Mahasiswa di Tempat Kos (Studi Deskriptif-Komparatif Mahasiswa yang Berasal dari Luar dan dalam Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_2258_SINDI_MAYESTI_15006025_2258_2019.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Makna keberhasilan pendidikan seseorang terletak pada sejauh apa yang telah dipelajari itu dapat membantu yang bersangkutan menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungan kehidupannya. Setiap mahasiswa mestinya mampu menyesuaikan diri di mana pun ia berada, namun kenyataannya ada mahasiswa yang belum mampu melakukan penyesuaian diri di tempat kos. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dan perbedaan penyesuaian diri mahasiswa yang berasal dari luar Sumatera Barat dan dari Sumatera Barat di tempat kos. Subjek penelitian berjumlah 100 orang mahasiswa UNP yang masih terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan sampling insidental. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan model skala likert dan diolah melalui teknik statistik dengan rumus persentase. Untuk melihat perbedaan penyesuaian diri mahasiswa di tempat kos digunakan teknik t-test. Temuan penelitian mengungkapkan: (1) penyesuaian diri mahasiswa UNP di tempat kos secara umum berada pada kategori cukup baik, (2) penyesuaian diri mahasiswa UNP yang berasal dari Sumatera Barat di tempat kos berada pada kategori cukup baik, (3) penyesuaian diri mahasiswa UNP yang berasal dari luar Sumatera Barat di tempat kos berada pada kategori cukup baik, dan (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri mahasiswa UNP di tempat kos yang berasal dari luar dan dalam Sumatera Barat, dengan skor mean mahasiswa luar Sumatera Barat 144,980 dan mahasiswa dalam Sumatera Barat 153,700. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada Pimpinan UPBK untuk dapat merumuskan dan membuat program pelayanan bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan penyesuaian diri di tempat kos secara optimal. Kemudian kepada mahasiswa diharapkan untuk bisa mengembangkan kemampuan penyesuaian diri di tempat kos, agar tercapainya tujuan kehidupan yang efektif sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 May 2020 05:40
Last Modified: 07 May 2020 05:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26538

Actions (login required)

View Item View Item