Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Pemahaman Konsep Penyajian Data Peserta Didik Kelas V SD

Yolana, Ulfa (2019) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Pemahaman Konsep Penyajian Data Peserta Didik Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ULFA_YOLANA_15129157_3208_2019.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa selama proses pembelajaran guru kurang optimal dalam menunjukkan kemampuan menggunakan pendekatan-pendekatan. Penyampaian materi yang dominan digunakan dengan cara pembelajaran konvensional. Penyajian materi pembelajaran yang kurang menarik disebabkan karena pada saat penyajian materi, guru fokus pada menjelaskan materi saja tanpa memikirkan keaktifan peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistic indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep penyajian data peserta didik kelas di V SD Gugus 1 Padang Barat Kota Padang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekspermental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Padang Barat yang terdiri dari 9 sekolah. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh SDN 23 Ujung Gurun kelas Va dan SDN 23 Ujung Gurun kelas Vc, dimana SDN 23 Ujung Gurun kelas Vc sebagai kelas kontrol dan SDN 23 Ujung Gurun kelas Va sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk ganda beralasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest pemahaman konsep penyajian data dengan menggunakan pendekatan PMRI pada kelompok eksperimen 90,37 dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional 75, 67. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh thitung 3,0561 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 32 adalah 1,69389. Berarti thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep penyajian data siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 May 2020 02:14
Last Modified: 06 May 2020 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item