Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif untuk meningkatan Keterampilan Siswa SMK Negeri 11 Merangin

Putra, M. Afdhal (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif untuk meningkatan Keterampilan Siswa SMK Negeri 11 Merangin. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_M_AFDHAL_PUTRA_16138049_5937_2019.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Perakitan Komputer adalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dipelajari siswa pada mata pelajaran produktif, guna memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajan berbasis multimedia interaktfif pada pelajaran perakitan komputer jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 11 Merangin serta mengungkapkan validitas, praktikalitas, efektitas media tersebut. Mulitimedia intreaktif ini dirancang untuk dapat meningkatkan keterampilan siswa hingga dapat memahami secara keseluruhan materi yang tersedia. Penelitian ini menggunakan Metode Pengembangan Research and Development yang berfokus pada Metode ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data yaitu data primer dimana data diperoleh langsung oleh ahli media, guru, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang diberikan oleh validator, guru dan siswa melalui angket yang telah disebarkan kemudian hasilnya dianalisa secara statistik. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran merupakann multimedia interaktif pada mata pelajaran perakiran komputer jurusan komputer dan jaringan. (2) Validasi multimedia interaktif dinyatakan valid pada aspek dua ahli/pakar dengan kriteria valid sebesar 0.84% sedangkan pada aspek validasi materi dinyatakan valid dengan kriteria sebesar 0.84%. (3) Praktiklitas multimedia internatis berdasarkan respon guru setelah melalui vaiditas dinyatakan pratiktilitas dengan rata-rata total 85,55%.sedangkan pada praktilitas multimedia interaktif berdasarkan 81,49%. (4) Efektifitas media pembelajaran multimedia interaktif ditinjau dari persentase ketuntasan belajar siswa dari 25 orang siswa terdapat 24 orang siswa dengan nilai di atas KKM dengan persentase 95,834%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 May 2020 01:00
Last Modified: 05 May 2020 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26523

Actions (login required)

View Item View Item