Gambaran Penerapan Prinsip Andragogi dalam Performansi Widyaiswara pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Padang

Saprianto, Dedi (2018) Gambaran Penerapan Prinsip Andragogi dalam Performansi Widyaiswara pada Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DEDI_SAPRIANTO_15005041_3166_2019.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan widyaiswara dalam melaksanakan diklat yang diberikan kepada peserta di balai pendidikan dan pelatihan keagamaan padang. Tujuan penelitian ini untuk melihat penerapan prinsip andragogi dalam performansi widyaiswara pada bidang membantu mengembangkan sikap positif, terbuka dan luwes, menampilkan sikap yang bergairah, dan pengelolaan perilaku peserta diklat. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi 90 orang dengan sampel 45 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, sedangkan alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah daftar pernyataan. Teknik analisis data mengunakan rumus persentase. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip andragogi dalam performansi widyaiswara pada bidang mengembangkan sikap positif, terbuka dan luwes, menampilkan sikap yang beragirah, serta mengelola perilaku peserta diklat dikategorikan sangat baik, hal ini dapat diketahui dari tingginya persentase sangat baik dan baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip andragogi dalam performansi widyaiswara pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Padang sudah diterapkan dengan sangat baik. Kata kunci: prinsip andragogi, widyaiswara, performansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 May 2020 01:00
Last Modified: 05 May 2020 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26522

Actions (login required)

View Item View Item