Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP

Anggraini, Putri (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPS kelas VII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PUTRI_ANGGRAINI_15004094_3450_2019.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP merupakan salah satu upaya mengatasi kurangnya media belajar pada mata pelajaran IPS yang masih berfokus pada guru, guru hanya menerangkan pembelajaran berbantuan buku paket dan LKS sehingga siswa merasa bosan dan tidak adanya interaksi dari siswa dapat. Multimedia ini dilengkapi dengan alat pengontrol, audio, video, gambar, dan teks. Penelitian pengembangan multimedia intiraktif ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pada mata pelajaran IPS sebagai alat atau media yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi. Jenis penelitian adalah model pengembangan Borg & Gall, disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang ahli materi dan satu orang ahli media, kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh siswa dan siswi kelas VII di SMPN 34 Padang. Subjek uji praktikalitas diambil sebanyak 31 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk multimedia interaktif yang dirancang menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio. Berdasarkan hasil peniaian kelayakan oleh validator materi dan media, hasil penilaian oleh satu orang ahli materi dikategorikan “Sangat Sesuai” untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli materi yaitu 4.57. Hasil validasi penilaian dari ahli media dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan dengan rata-rata penilaian ahli media yaitu 4.87. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk multimedia interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis” digunakan dengan rata-rata penilaian keseluruhan yaitu 4.59. Jadi, berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif menggunakan aplikasi Autoplay Media Studio telah Baik dan Praktis untuk dapat digunakan pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 May 2020 01:00
Last Modified: 05 May 2020 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26520

Actions (login required)

View Item View Item