Hubungan antara Pelayanan Kader dengan Partisipasi Ibu-ibu dalam kegiatan pada Posyandu Permata Bunda IX Kelurahan Gunung Sarik, Kota Padang

Ernawita, Ernawita (2019) Hubungan antara Pelayanan Kader dengan Partisipasi Ibu-ibu dalam kegiatan pada Posyandu Permata Bunda IX Kelurahan Gunung Sarik, Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ERNAWITA_16005172_4201_2019.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh masih rendahnya partisipasi Ibu-ibu untuk datang ke Posyandu. Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya pelayanan kader. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambara pelayanan kader, gambaran partisipasi Ibu-ibu, dan melihat hubungan antara pelayanan kader dengan partisipasi Ibu-ibu dalam kegiatan pada Posyandu Permata Bunda IX Kelurahan Gunung Sarik, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh Ibu-ibu yang terdaftar sebagai anggota posyandu di Posyandu Permata Bunda IX tahun 2018 berjumlah 96 orang. Sampel diambil 50% yakni 48 orang dengan teknik sampel areal sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan alat yang digunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan produtc moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) pelayanan kader dalam kegiatan Posyandu kurang baik, (2) partisipasi ibu-ibu dalam kegiatan Posyandu rendah, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara pelayanan kader dengan partisipasi ibu-ibu menurut responden peserta yandu Permata Bunda IX Kelurahan Gunung Sarik. Disarankan kepada, kader posyandu agar meningkatkan pelayanan dalam pelaksanaan kegiatan posyandu dan kepada pimpinan Pokjanal Posyandu Kecamatan Kuranji dalam melakukan pembinaan terhadap kader posyandu agar lebih meningkatkan keahlian dan keterampilan dalam melaksanakan kegiatan posyandu. Kata Kunci: Pelayanan; partisipasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2020 23:45
Last Modified: 04 May 2020 23:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26518

Actions (login required)

View Item View Item