Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang

Nengsih, Revia Ratna (2019) Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REVIA_RATNA_NENGSIH_15002105_5405_2019.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis selama melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan di SMK Nasional Padang yang menunjukkan kurangnya peran kepala sekolah sebagai inovator dalam melaksanakan pembaharuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang yang dilihat dari segi mencari gagasan baru, mengimplementasikan ide-ide baru, mengintegrasikan setiap kegiatan dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang dalam hal mencari gagasan baru, mengimplementasikan ide-ide baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Nasional Padang yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala likert. Angket tersebut sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Guru terhadap Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang dilihat dari aspek 1) mencari gagasan baru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 86,53%, 2) mengimplementasikan ide-ide baru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,50%, 3) mengintegrasikan setiap kegiatan berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,79%, dan 4) mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Peran Kepala Sekolah sebagai Inovator di SMK Nasional Padang menurut persepsi guru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 84,29%. Kata Kunci : peran kepala sekolah sebagai inovator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2020 02:10
Last Modified: 04 May 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item