Kompetensi Sosial Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kota Padang

Afriyanti, Sri Lova (2019) Kompetensi Sosial Tenaga Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SRI_LOVA_AFRIYANTI_15002030_4006_2019.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa mampu kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang Kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang yang dilihat dari aspek beradaptasi dengan lingkungan, berkomunikasi efektif, bekerja sama dalam tim, memiliki kesadaran berorganisasi, dan memberikan pelayanan prima. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi seluruh tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang yang berjumlah 115 orang. Penelitian ini merupakan penelitian sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling sehingga didapatkan responden berjumlah 63 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala likert dengan lima alternatif jawaban, yaitu (SM), (M), (CM), (KM), dan (TM), yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji coba pada 20 responden di dalam populasi tetapi diluar dari sampel yang ditetapkan. Angket ini dinyatakan valid dengan rhohitung > dari rhotabel yaitu 0,478>0,444 dengan taraf kepercayaan 95% dan reliabilitas dinyatakan reliabel dengan rhohitung > dari rhotabel yaitu 0,478>0,444. Untuk data penelitian diolah menggunakan rumus rata-rata (mean). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang dilihat dari aspek dalam beradaptasi dengan lingkungan berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,68. Untuk aspek dalam berkomunikasi efektif berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,72. Untuk aspek dalam bekerja sama dalam tim berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,75. Untuk aspek dalam memiliki kesadaran berorganisasi berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,67. Selanjutnya aspek dalam memberikan pelayanan prima berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,66. Secara keseluruhan kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri se-Kota Padang berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,69. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan agar kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah dipertahankan serta perlu ditingkatkan lagi sehingga dapat meningkatkan kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah dalam menjalankan tugas. Kata Kunci :Kompetensi Sosial, Tenaga Administrasi Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 May 2020 02:10
Last Modified: 04 May 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26513

Actions (login required)

View Item View Item