Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Koto Tangah

Nurjamilah, Nurjamilah (2019) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Koto Tangah. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURJAMILAH_16205032_6707_2019.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika adalah kecakapan atau potensi yang dimiliki seseorang dalam menyelesaikan soal cerita, menyelesaikan soal yang tidak rutin, mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari atau keadaan lain, dan membuktikan. Komunikasi merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam mengkomunikasikan gagasan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan matematis khususnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis pada siswa kelas VII SMP/MTs di Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Variabel pada penelitian ini ada tiga, yaitu model Contextual Teaching and Learning sebagai variabel bebas, kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis sebagai variabel terikat, dan kemampuan awal sebagai variabel moderator. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yaitu MTsN 1 Padang dan MTsN 3 Padang. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol baik untuk kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Begitu juga dengan komunikasi matematis menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol baik untuk kemampuan awal tinggi maupun sedang dan rendah. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berkontribusi pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 May 2020 17:28
Last Modified: 02 May 2020 17:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26503

Actions (login required)

View Item View Item