Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 39 Pasar Ambacang Kota Padang

Rahmadia, Della (2019) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 39 Pasar Ambacang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DELLA_RAHMADIA_14129134_2277_2019.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru dalam melaksanakan proses pembelajaran kurang melibatkan aktivitas siswa dan pembelajaran masih bersifat teacher center sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran luas trapesium dan layang-layang di kelas V SDN 39 Pasar Ambacang masih rendah. Disamping itu, guru kurang melatih siswa dalam menyampaikan pendapat, serta berinteraksi dengan kelompok, yang berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw di kelas V SDN 39 Pasar Ambacang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian terdiri dari pelaksanaan dan pengamatan dalam pembelajaran luas trapesium dan layang-layang dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari hasil: (a) RPP siklus I rata-rata 83,9% (kualifikasi baik), siklus II 92,86% (kualifikasi sangat baik), (b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 87,49% (kualifikasi sangat baik), siklus II 92,86% (kualifikasi sangat baik), (c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 82,1% (kualifikasi baik), dan siklus II 92,86% (kualifikasi sangat baik), (d) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 75,06, dan siklus II 88,95. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang di kelas V SDN 39 Pasar Ambacang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2020 17:27
Last Modified: 02 May 2020 17:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

View Item View Item