Pengaruh Latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video dalam Mata Pelajaran Baca Tulis AL-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Tajwid Oleh Siswa Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Dewi, Rina Santi (2019) Pengaruh Latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video dalam Mata Pelajaran Baca Tulis AL-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Tajwid Oleh Siswa Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RINA_SANTI_DEWI_15004032_3029_2019.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Baca Tulis AL-Qur’an di SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Hal ini dikarenakan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan. Pemanfaatan metode Pembelajaran yang kurang menarik Perhatian siswa dalam Proses belajar Mengajar. Sehingga hasil belajar siswa yang diperoleh berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video Dalam Mata Pelajaran Baca Tulis AL-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Tajwid Oleh Siswa Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian One Shot Case Study dengan kelas yang sama yaitu kelas IV dengan Pengaruh Latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video (Postest) dan penerapan model pembelajaran konvensional (Pretest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas IV yang berjumlah 30 0rang. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk objektif dan data diolah dengan uji Perbedaan (t-test). Berdasarkan dari hasil Penelitian diperoleh nilai rata-rata 84,500 Pada Pembelajaran latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video. Pretest diperoleh nilai rata-rata 73,333. Pada Pengujian hipotesis diperoleh t-hitung sebesar 6,671 dan t-tabel sebesar 3,841 pada taraf nyata α=0,05 Hal ini menunjukkan bahwa Latihan Terbimbing dengan Penggunaan Media Video memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Baca Tulis AL-Qur’an kelas IV SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Kata Kunci : Latihan Terbimbing Media Video, Baca Tulis AL-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2020 17:27
Last Modified: 02 May 2020 17:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item