Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Bina Diri bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB

Zais, Nur Lidra (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Bina Diri bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NUR_LIDRA_ZAIS_15004093_3101_2019.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran bina diri merupakan salah satu upaya mengatasi kurangnya media belajar yang bervariasi bagi anak tunagrahita ringan yang menyebabkan kebosanan dan tidak tertariknya anak untuk mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan memuat teks, gambar, suara dan video. Tujuan pengembangan media pembelajaran interatif ini adalah untuk membantu anak belajar secara mandiri, meningkatkan daya tarik dan pemahaman anak terhadap materi pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four-D) yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), Pengembangan (develop) dan penyebaran (desseminate). Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis lingkungan. Pada tahap desain dilakukan perancangan media media interaktif. Tahap develop dilakukan uji validitas oleh 2 orang validator, yaitu 1 orang ahli materi dan media, kemudian uji praktikalitas dilakukan oleh anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB Al-Azra’iyah Kecamatan Payakumbuh. Tahap terakhir adalah desseminate berupa CD interaktif produk media pembelajaran. Hasil uji validitas media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan persentase sebesar 94,28%, hasil validitas materi berada pada kategori “sangat valid” dengan persentase sebesar 91,67% sehingga produk media interaktif dapat diujicobakan. Selanjutnya hasil uji praktikalitas produk berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan presentase sebesar 93,75%, sehingga produk media pembelajaran interaktif layak digunakan oleh anak tunagrahita ringan sebagai media belajar. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, lectora inspire, bina diri, tunagrahita ringan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2020 17:27
Last Modified: 02 May 2020 17:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26494

Actions (login required)

View Item View Item