Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Padang Utara

Juniawan, Rekho Panca (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_REKHO_PANCA_JUNIAWAN_15129035_4222_2019.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa selama proses pembelajaran kurang optimal dalam menggunakan model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat digunakan agar kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dapat meningkat, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model PjBL, Model PjBL merupakan salah satu model pembelajaran berbentuk proyek yang disarankan oleh Kemendikbud 2013, karena model pembelajaran ini menuntut siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kecamatan Padang Utara tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekspermental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Padang Utara yang terdiri dari 11 sekolah. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh SD Angkasa I Lanud Padang kelas IV dan SD Angkasa II Lanud Padang kelas IV, dimana SD Angkasa I Lanud Padang kelas IV sebagai kelas eksperimen dan SD Angkasa II Lanud Padang kelas IV sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV SD Angkasa 1 sebagai kelas eksperimen dari 21 orang peserta didik diperoleh nilai rata-rata 83, 81. Sedangkan tes akhir yang diberikan pada kelas IV SD Angkasa 2 sebagai kelas kontrol dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata75,304. Dengan demikian menunjukkan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t, bahwa thitung sebesar 2,003 dan ttabel sebesar 1,682 dengan thitung lebih besar dari ttabel ( 2,003>1,682), maka dapat dikatakan bahwa H0 diterima atau Ha ditolak. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh positif dari penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar sederhana. Kata Kunci : Model PjBL, Kemampuan Pemecahan Masalah, matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 May 2020 17:27
Last Modified: 02 May 2020 17:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

View Item View Item