Perbedaaan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang Ditinjau dari Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua

Pratama, Wahyu Adrian (2019) Perbedaaan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang Ditinjau dari Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_WAHYU_ADRIAN_PRATAMA_15011152_2862_2019.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas temuan-temuan yang menunjukan rendahnya minat berwirausaha pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri padang yang mana pada wawancara dan survei awal beberapa mahasiswa lebih memilih bekerja sebagai pegawai tetap ketimbang berwirausaha karena orang tuanya yang non wirausaha dan sedikitnya mahasiswa yang ingin melanjutkan karir sebagai wirausaha. Dengan artian pekerjaan orang tua juga berpengaruh dalam mendorong pemilihan karir seorang anak. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk melihat Perbedaaan minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang ditinjau dari latar belakang pekerjaan orang tua. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif komparatif. Subjek penelitian mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. dengan sampel berjumlah 79 orang mahasiswa psikologi UNP tahun masuk 2015 dan 2016. Penelitian ini menggunakan skala minat berwirausaha yang berjumlah 78 butir pernyataan yang berdasarkan Karakteristik wirausaha yang dikemukakan oleh Zimmerer dengan nilai reliabilitas sebesar 0,980. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik t-test Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan signifikan antara minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang ditinjau dari latar belakang pekerjaan orang tua. Hal ini dapat dilihat dengan signifikansi p=0.000 (p<0.05) dan nilai mean mahasiswa yang orang tua sebagai wirausaha lebih tinggi dari mahasiswa yang orang tua sebagai non wirausaha (236.96 > 206.88). artinya minat berwirausaha mahasiswa yang memiliki orang tua wirausaha lebih tinggi daripada minat berwirausaha mahasiswa yang memiliki orang tua non wirausaha. Pada analisis tambahan, diperoleh hasil yaitu tidak ada perbedaan signifikan antara minat berwirausaha mahasiswa psikologi tahun masuk 2015 dan 2016. Selanjutnya, diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan minat berwirausaha mahasiswa psikologi ditinjau dari jenis kelamin. Kata kunci: Minat berwirausaha, latar belakang pekerjaan orang tua, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:15
Last Modified: 24 Apr 2020 15:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26442

Actions (login required)

View Item View Item