Pengembangan LKS dan RPP Berbasis Pendekatan Contectual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar

Rahmawati, Eka (2019) Pengembangan LKS dan RPP Berbasis Pendekatan Contectual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EKA_RAHMAWATI_17124017_4049_2019.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan lembar kerja dan lembar kerja berdasarkan pendekatan CTL yang valid, praktis dan efektif untuk topik statistik di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian oleh Thiagarajan, Semmel, Dam Semmel (1974). Penelitian ini dilakukan dalam empat fase, yaitu mendefinisikan, merancang rencana, mengembangkan, dan menyebarluaskan lembar kerja dan pelajaran di sekolah dasar. Data dikumpulkan menggunakan analisis dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, LKS dan RPP telah memenuhi kriteria valid dalam hal konten, pendekatan, format, dan bahasa dengan persentase 86%. Tingkat validitas LKS dan RPP dikembangkan valid dengan persentase 86%. Hasil pengamatan, kuesioner, dan wawancara menunjukkan bahwa siswa praktis dalam hal kemudahan penggunaan, penggunaan waktu, dan keterbacaan oleh guru dan siswa. Keterampilan pemecahan masalah siswa yang dikembangkan dan ditingkatkan dengan persentase 77, 27% dikembangkan secara efektif. Siswa dapat menemukan data, menganalisis data, berkolaborasi, mencoba dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:15
Last Modified: 24 Apr 2020 15:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item