Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas IV SDN 56 Anak Air

Astuti, Ria Afri (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division di Kelas IV SDN 56 Anak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIA_AFRI_ASTUTI_15129187_4213_2019.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, dimana guru masih sulit memadukan beberapa mata pelajaran, guru kurang membiasakan siswa untuk saling bertukar gagasan dalam kelompok, dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division di kelas IV SDN 56 Anak Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 13 orang perempuan, peneliti berperan sebagai peraktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,16% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 80,35 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 96,42% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata- rata 70,91 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,30. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 56 Anak Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:14
Last Modified: 24 Apr 2020 15:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item