Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Padang Utara

Mardin, Asna (2019) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ASNA_MARDIN_15129166_3855_2019.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Matematika memiliki peranan penting untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama sesuai dengan tujuan nasional. Untuk menguasai kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif dimasa depan, maka diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini dan membuat pembelajaran peserta didik belajar menjadi bermakna. Pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) harus melibatkan daya pendorong dan keinginan peserta didik agar dapat berperan aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Sementara itu, kemampuan matematika peserta didik di Indonesia menunjukkan keadaan yang memprihatinkan, salah satunya ditandai oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Project Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada materi penyajian data di kelas V SD Gugus IV Kecamatan Padang Utara?” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi ekperimental), dengan tujuan untuk mengungkap pengaruh antara dua variabel yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequvalen Pretest-Postet Control Group Design dengan kelompok kontrol yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas yaitu SD Angkasa 1 sebagai kelas kontrol dan SD Angkasa 2 sebagai kelas eksperimen. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan tarah signifikan 5% (=0,05). Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikasn 0,05 diperoleh thitung (2,18) dan ttabel (1,70562). Sehingga thitung > ttabel yaitu 2,18 > 1,70652. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar pada materi penyajian data di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Kata Kunci: model pembelajaran PjBL, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:14
Last Modified: 24 Apr 2020 15:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item