Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK

Salmi, Maulida (2019) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MAULIDA_SALMI_15004091_3750_2019.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah yaitu bahan ajar yang masih terbatas dan e-book yang ada hanya terbatas pada tulisan. Hal ini membuat siswa cepat bosan. Sehingga berdampak pada nilai siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Pembelajaran Simulasi Digital erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi karena hampir keseluruhan materi memerlukan peralatan atau media tersebut. Pemanfaatan bahan ajar e-modul adalah salah satu alternatif yang tepat untuk menarik minat siswa. Maka dari itu penelitian ini mengambil judul Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK. Jenise penelitian ini adalahi penelitianiepengembangan yang dikenali dengani istilahi ResearchiandiDevelopment (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Tahapan model ini dimodifikasi menjadi 5 langkah, yaitu perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba terbatas, dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran Simulasi Digital pada semester 1. Pengujian dilakukan dengan tiga cara yaitu dengan uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orango validatora ahli materia dan 2 orangoavalidator ahli umedia. Ujincoba produki dilakukani kepadas 20 orang siswa kelas X di SMK Semen Padang. Hasil uji validitas produk untuk aspek materia beradaiipada kategoris“sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,81, untuk aspek media berada kategoris“sangat valid” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,63 dan validator II sebesar 4,64. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan beradau pada kategoris“sangat praktis” dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,78. Hasil uji efektivitas dengan menggunakan ujiat, diperolehathitung = 19,83 dan ttabel =R2,093 yang berarti thitung > ttabel, dengan demikian ue-modul yang idikembangkan efektif digunakani dalami pembelajaran. Kesimpulan hasil epenelitian ini bahwa e-modul pada mata pelajaran Simulasi Digital sudah layaki digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan,We-modul, 3D pageflip professional, simulasi digitali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:14
Last Modified: 24 Apr 2020 15:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item