Kontrol Diri Siswa dalam Melaksanakan Disiplin di Sekolah

Damayanti, Nur (2019) Kontrol Diri Siswa dalam Melaksanakan Disiplin di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NUR_DAMAYANTI_1105599_2347_2019.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan hal yang penting agar siswa tertib dan teratur dalam proses belajar di sekolah, sehingga terciptanya suasana yang menyenangkan ketika belajar. Kebiasaan siswa dalam melaksanakan disiplin di sekolah dengan baik akan mengantarkannya kepada kesusksesan dalam belajar, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, siswa diharapkan memilki kontrol diri yang tinggi agar terhindar dari perilaku-perilaku negatif. Kenyataannya, ditemukan masih ada siswa yang melanggar disiplin atau peraturan sekolah karena tidak mampu menahan ajakan teman, serta godaan-godaan lain untuk melanggar disiplin di sekolah. Kontrol diri merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan beberapa aspek dalam dirinya yang terdiri dari kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan mengontrol pikiran atau kognitif, dan kemampuan mengontrol keputusan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol keputusan siswa dalam melaksanakan disiplin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Kotanopan yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, berjumlah 260 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 158 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, data dianalisis secara deskriptif dengan menentukan persentase capaian menggunakan rumus persentase rata-rata skor. Temuan penelitian mengungkapkan: (1) kontrol perilaku siswa dalam melaksanakan disiplin di sekolah tergolong pada kategori cukup baik, (2) kontrol kognitif siswa dalam melaksanakan disiplin di sekolah tergolong pada kategori cukup baik, (3 kontrol keputusan siswa dalam melaksanakan disiplin di sekolah tergolong pada kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru BK atau konselor agar dapat memberikan layanan BK dan menyusun program untuk meningkatkan kontrol diri siswa dalam melaksanakan disiplin di sekolah guna mengurangi pelanggaran disiplin oleh siswa. Kata kunci: kontrol diri, disiplin di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:13
Last Modified: 24 Apr 2020 15:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item