Isolasi Trichoderma spp. dari Beberapa Rizosfer Tanaman Padi Asal Solok (Isolation Trichoderma spp. from Seme Rizosphere Rice Plants Solok)

Syahputra, Misdi Hadi and Anhar, Azwir and Irdawati, Irdawati (2017) Isolasi Trichoderma spp. dari Beberapa Rizosfer Tanaman Padi Asal Solok (Isolation Trichoderma spp. from Seme Rizosphere Rice Plants Solok). Berkala Ilmiah Bidang Biologi, 1 (2). pp. 97-105. ISSN 2534-8371

[img]
Preview
Text
355-33-PB ok ok.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/i...

Abstract

Daerah rizosfer suatu tanaman merupakan daerah yang kaya oleh mikroba, salah satunya adalah kelompok cendawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi Trichoderma sp. yang ada di rizosfer tanaman padi yang berada di daerah Solok diantaranya daerah Lembah Gumanti, Talang Surian dan Cupak (Gunung Talang). Penelitian ini menggunakan metode isolasi pengenceran dan metode isolasi langsung. Hasil penelitian didapatkan tujuh Trichoderma spp. dari rizosfer tanaman padi yang berbeda dengan lokasi yang juga berbeda, yaitu Trichoderma TS, Trichoderma SRU, Trichoderma SRB, Trichoderma SRBA, Trichoderma RE, Trichoderma SU, Trichoderma SB.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 Apr 2020 15:15
Last Modified: 02 Apr 2020 15:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26353

Actions (login required)

View Item View Item