Perkembangan Kognitif Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dengan Hiperaktivitas di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Padang (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 Tahun)

Oktafiani, Anisa (2019) Perkembangan Kognitif Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dengan Hiperaktivitas di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Padang (Studi Kasus pada Anak Usia 5-6 Tahun). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
07_ANISA_OKTAFIANI_15022023_2235_2019.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kognitif pada anak-anak usia dini, terutama usia 5-6 tahun ada yang belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya salah satunya pada anak penderita Gangguan Pemusatan Perhatian dengan Hiperaktivitas (GPPH). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan kognitif anak GPPH. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian adalah 3 orang anak di Taman Kanak-kanak Negeri 1 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah format observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diabsahkan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitianditemukananak GPPH memilikimasalah pada setiapbidangdiantaranyabidangbahasa, sosial, emosional, fisikmotorik, tingkahlaku, dan kognitif. Disimpulkanperkembangan kognitif anak GPPH mempunyai masalah dalam memahami konsep banyak-sedikit, tinggi-rendah, dan besar-kecil; kesulitan dalam mengklasifikasikan benda-benda dengan menggunakan cara berpikir operasional; mengalami kesulitan dalam membaca, mengalami kesulitan dalam berhitung; kesulitan dalam menulis; kesulitan dalam memusatkan perhatian; serta memiliki daya konsentrasi yang sangat terbatas. Kata kunci : Gangguan, Pemusatan, Perhatian, Hiperaktivitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2020 15:12
Last Modified: 24 Apr 2020 15:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26351

Actions (login required)

View Item View Item