Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang dalam Mengikuti Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

Suyuthe, Hijriyantomi and Ferdian, Feri (2018) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang dalam Mengikuti Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan. Project Report. FPP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_807_lapakh_LaporanAkhirHijriyantomiSuyuthie1.pdf

Download (455kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan, dan selanjutnya mengukur seberapa besar masing-masing faktor tersebut menyebabkan rendahnya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti organisasi kemahasiswaan. Target yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah diperoleh informasi dasar faktor penyebab rendahnya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Target capaian ini nantinya dapat digunakan sebagai masukan bagi pengambil keputusan di Universitas Negeri Padang dalam upaya mengeluarkan kebijakan yang dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Lebih lanjut hasil penelitian akan menjadi landasan guna melakukan penelitian lanjutan tentang strategi pengembangan partisipasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kuesioner, wawancara, dan dokumentasi dengan data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian untuk data kunatitatif pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang program S1, D4 dan D3 terdaftar aktif semester Juli Desember 2018 yang berada pada semester 3 (tiga), 5 (lima) dan 7 (tujuh) dengan jumlah total 24.395. Jumlah sampel adalah 580 orang dengan margin of error 20%. Sedangkan populasi untuk data kulitatif adalah Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dengan sampel menggunakan teknil snowball sampling. Teknik analisis data secara kuantitatif menggunakan analisis faktor dan analisis deskriptif. Sedangkan analisis kualitiatif dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 19 indikator yang dianalisa dengan menggunakan analisis faktor untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan. Faktor-faktor terdiri dari 3 faktor yaitu faktor kemauan dan kemampuan dengan egeinvalue 8,080, faktor kesempatan, program dan lingkungan dengan egeinvalue 1,611, dan faktor sosial dengan egeinvalue 1,322. Lebih lanjut secara kualitatif informan juga menjelaskan bahwa ketiga faktor merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi mahasiswa dalam kegiatan organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Padang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Parawisata-D4
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 31 Mar 2020 16:30
Last Modified: 31 Mar 2020 16:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26345

Actions (login required)

View Item View Item