Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Poster Comment terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada SMK Ibnu Sina Batam

Rice, Sofia (2019) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Poster Comment terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada SMK Ibnu Sina Batam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SOFIA_RICE_16138089_6140_2019.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya nilai siswa yang belum tuntas atau tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan perlu adanya perbaikan dan perubahan pada strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Media poster comment adalah media yang sesuai dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media poster comment terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang digunakan adalah metode static group comparison. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa Kelas X Akuntansi dan kelas X Tata Niaga. Kelas X Akuntansi sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran poster comment dan siswa kelas X (Sepuluh) Tata Niaga sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 15 soal berbentuk pilihan ganda (listening test) dan 10 soal berbentuk essay (speaking test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media poster comment dengan siswa tanpa menggunakan media poster comment, perbedaan tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan media poster comment dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan tanpa menggunakan media poster comment.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item