Upaya Meningkatkan Relevansi Keterampilan Lulusan Jurusan Teknik Otomotif dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Industri

Maksum, Hasan (2014) Upaya Meningkatkan Relevansi Keterampilan Lulusan Jurusan Teknik Otomotif dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Industri. In: Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) VII dan Temu Karya XVII FPTK-JPTK se-Indonesia, 13-14 November 2014, Bandung.

[img]
Preview
Text
5.Upaya Meningkatkan Relevansi Keterampilan Lulusan JurusanTeknik Otomotif dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri,,.pdf

Download (999kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3053/upa...

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif dewasa ini sangat pesat ditandai dengan munculnya berbagai teknologi berbasis elektronik, seperti Electronic Fuel Injection (EFI) sebagai pengganti karburator, sistem pengereman mobil dengan Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), transmisi elektronis, dan lain-lain, maka perkembangan teknologi tersebut harus diikuti dengan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh sebab itu penyiapan SDM merupakan aktivitas ke depan yang harus direncanakan dan dijalankan dengan baik di Jurusan Teknik Otomotif. Untuk meningkatkan relevansi lulusan Jurusan Teknik Otomotif dengan tuntutan dunia usaha/industri, maka perlu diadakan pendidikan sistem ganda, sertifikasi, penambahan fasilitas pendukung, peningkatan profesionalisme tenaga pengajar dan dukungan serta komitmen dari pemerintah, fakultas dan jurusan khususnya. Pola kerja sama untuk meningkatkan kompetensi professional, diantaranya bisa merupakan keterbukaan perhatian yang besar pihak dunia usaha/industri untuk dimanfaatkan demi kemajuan akademik peserta didik. Keterbukaan dan kemauan dunia kerja/industri untuk memajukan pendidikan atau meningkatkan kompetensi professional peserta didik tidak hanya dalam bentuk praktek kerja industri, namun yang lebih luas lagi seperti pengembangan bersama kurikulum agar bisa terkait dan sepadan (link and match) dan pembentukan miniatur sekolah didalam lingkungan dunia kerja. Dengan adanya kolaborasi antara sekolah dan industri, peserta didik bisa menimba ilmu, teknologi dan keterampilan/kompetensi profesi yang sedang berkembang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Mar 2020 07:56
Last Modified: 11 Jun 2020 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26254

Actions (login required)

View Item View Item