Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Basil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Peminatan MIA SMAN 2 Pariaman.

Mahendra, Agung (2019) Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Basil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X Peminatan MIA SMAN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AGUNG MAHENDRA_15031028_3406_2019.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Kadar tiap kecerdasan yang dimiliki peserta didik berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Kecerdasan peserta didik dapat diperlihatkan lewat banyak cara baik itu melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kegiatan fisik (kemampuan motorik) atau lewat cara sosial-emosional. Saat ini banyak guru yang kurang memahami karakteristik yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satu karakteristik yang perlu dipahami oleh guru adalah bakat dan kecerdasannya. Kecerdasan tersebut terdiri atas sembilan tingkat kecerdasan dan dikenal sebagai Multiple Intelligences (MI). Multiple Intelligences sebagai suatu kecerdasan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi peserta didik. Di SMAN 2 Pariaman guru masih belum mengetahui apa itu MI, sehingga guru masih sulit menentukan metode pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara MI dengan hasil belajar peserta didik kelas X peminatan MIA SMAN 2 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan April 2019 di kelas X MIA 4 SMAN 2 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIA di SMAN 2 Pariaman yang terdiri atas 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dengan mengundi salah satu kelas pada populasi dan didapatkan satu kelas yaitu X MIA 4 sebagai sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan angket MI. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi sangat lemah sampai lemah pada masing-masing MI dengan hasil belajar biologi kelas X peminatan MIA SMAN 2 Pariaman. Multiple Intelligences secara keseluruhan dengan hasil belajar memiliki korelasi sangat lemah dengan nilai r= 0,03, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi tetapi tidak signifikan antara MI dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X peminatan MIA SMAN 2 Pariaman baik MI secara keseluruhan ataupun secara parsial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26253

Actions (login required)

View Item View Item