Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash pada Mata Kuliah Mesin Konversi Energi di Program Pendidikan Vokasi

Hasanah, Uswatun (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash pada Mata Kuliah Mesin Konversi Energi di Program Pendidikan Vokasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_USWATUN_HASANAH_17138089_6123_2019.pdf

Download (599kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar mahasiswa D3 Teknik Mesin pada mata kuliah Mesin Konversi Energi terkesan belum optimal, diperkirakan belum optimalnya hasil belajar ini disebabkan oleh belum tepatnya pemanfaatan alat bantu belajar saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis adobe flash yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa D3 Teknik Mesin yang mengambil mata kuliah Mesin Konversi Energi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket dan data primer diperoleh dari dosen dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran berbasis adobe flash. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran berbasis adobe flash, dinyatakan valid pada aspek Content (Materi) dengan nilai 0,85 dan aspek Tampilan (Media) dengan nilai 0,91, (2) Praktikalitas media pembelajaran berbasis adobe flash, dinyatakan sangat praktis berdasarkan satu orang respon dosen didapat nilai rata-rata 90,00 dan dua puluh delapan orang respon mahasiswa didapat nilai rata-rata 85,46, dan (3) Efektifitas media pembelajaran berbasis adobe flash, dinyatakan efektif dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa terlihat dari meningkatnya hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash ini valid, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Mesin Koversi Energi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26248

Actions (login required)

View Item View Item