Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Peminatan Bahasa Lintas Minat Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman.

Putra, Rizki Rahman (2019) Analisis Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Peminatan Bahasa Lintas Minat Biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIZKI_RAHMAN_PUTRA_15031043_3407_2019.pdf

Download (697kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan anak dapat diperlihatkan lewat banyak cara baik itu melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kegiatan fisik (kemampuan motorik) atau lewat cara sosial-emosional. Kecerdasan tersebut terdiri atas sembilan tingkat kecerdasan dan dikenal sebagai Multiple Intelligences (MI). Guru belum mengenal dan memahami apa itu MI dan bagaimana fungsinya jika diketahui tingkatan MI pada peserta didik. Guru sulit menentukan tingkatan MI pada peserta didik. Hal ini menyebabkan metode pembelajaran yang diberikan guru masih belum bervariasi seperti hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi pada setiap materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara MI dengan hasil belajar peserta didik kelas X peminatan bahasa lintas minat biologi di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang telah dilakukan pada bulan Maret 2019 di kelas X peminatan bahasa lintas minat biologi SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman tahun pelajaran 2018/2019. Populasi berjumlah 1 kelas yang terdiri dari 30 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, dengan menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel yaitu kelas X peminatan bahasa lintas minat biologi. Instrumen penelitian menggunakan angket MI. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan korelasi sangat lemah sampai lemah pada masing-masing MI dengan hasil belajar biologi kelas X peminatan bahasa lintas minat biologi SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman. Multiple Intelligences secara keseluruhan dengan hasil belajar memiliki korelasi lemah dengan nilai r= 0,25. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang berarti antara MI dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X peminatan bahasa lintas minat biologi baik MI secara keseluruhan ataupun secara parsial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item