Kontribusi Kreativitas dan Budaya Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI SMK Muhammadiyah I Padang

Nugraha, Hafiz (2019) Kontribusi Kreativitas dan Budaya Belajar terhadap Hasil Belajar KKPI SMK Muhammadiyah I Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HAFIZ_NUGRAHA_14138093_4867_2019.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti di SMK Muhammadiyah I Padang. Fakta di lapangan peneliti menemukan rendahnya hasil belajar mata pelajaran kejuruan yang diperoleh siswa, hal ini tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Peneliti menduga kreativitas dan budaya belajar mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran KKPI. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh kreativitas dan budaya belajar serta seberapa kuat hubungannya dengan hasil belajar maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi: (1) kreativitas terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI; (2) budaya belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI; (3) kreativitas dan budaya belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar mata pelajaran kejuruan. Penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kelas X SMK Muhammadiyah I Padang yang berjumlah 251 orang pada Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak 160 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data kreativitas dan budaya belajar diperoleh dari penyebaran angket dengan skala Likert, sedangkan data hasil belajar mata pelajaran kejuruan diperoleh dari nilai rapor semester genap TA 2016/2017. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menyimpulkan (1) variabel kreativitas mempunyai kontribusi yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI dengan koofisien korelasi sebesar 0,290, (2) budaya belajar mempunyai kontribusi yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran kejuruan dengan koofisien korelasi sebesar 0,296, dan (3) kreativitas dan budaya belajar mempunyai kontribusi yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran kejuruan dengan koofisien korelasi sebesar 0,369. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa kreativitas dan budaya belajar memiliki peran yang penting terhadap hasil belajar mata pelajaran KKPI. Implikasi penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran KKPI akan meningkat jika kreativitas dan budaya belajar juga ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26243

Actions (login required)

View Item View Item