Pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif, Komando dan Koordinasi Gerak Terhadap Teknik Dasar Bola Voli

Resdianto, Resdianto (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif, Komando dan Koordinasi Gerak Terhadap Teknik Dasar Bola Voli. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RESDIANTO_17199087_4797_2019.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 02 Rambah Samo yang belum memiliki teknik dasar yang baik. Hal ini terlihat pada saat melakukan servis, passing bawah, passing atas. Bila dilihat pada saat melakukan servis, Koordinasi gerakan belum berjalan sesuai mestinya. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment, untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan Koordinasi gerak terhadap teknik dasar bolavoli Siswa SMP Negeri 02 Rambah Samo mengunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Sedangkan keterampilan Passing atas dan passing bawah dengan pendekatan analisis kuantitatif menggunakan test Voli Repeated. Servis menggunakan test servis, rancangan factorial 2x2. ANOVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 populasi dalam penelitian ini seluruh siswa putra mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 02 Rambah Samo, dengan jumlah siswa 44 orang putra. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik Total sampling Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan metode komando terhadap teknik dasar bolavoli. Nilai f hitung = 4.16 > f tabel = 4.08 2). Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan koordinasi gerak terhadap teknik dasar bolavoli. Nilai f hitung = 5.81 > f tabel = 4.08. 3). tidak terdapat perbedaan keterampilan teknik dasar bolavoli yang memiliki koordinasi gerak tinggi yang dilatih dengan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran komando. Nilai Q hitung = -0.529 < Q tabel 2.933. 4). terdapat perbedaan teknik dasar bolavolimemiliki koordinasi gerak tinggi yang dilatih dengan metode pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran komando. Nilai Q hitung = 6.304 > Q tabel 2.933

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 09:34
Last Modified: 18 Mar 2020 09:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26239

Actions (login required)

View Item View Item