Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf (b, d, dan p) Pada Anak Autis Kelas V Menggunakan Angka 8 Tidur (Classroom Action Research SLB Autisma YPPA Padang)

Nurbaiti, Nurbaiti (2019) Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf (b, d, dan p) Pada Anak Autis Kelas V Menggunakan Angka 8 Tidur (Classroom Action Research SLB Autisma YPPA Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NURBAITI_15003095_4597_2019.pdf

Download (743kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas seorang anak autis yang sedang belajar dikelas individual mengalami hambatan menulis. Berdasarkan pengamatan, siswa mengalami hambatan dalam membedakan dan menyebutkan huruf yang hampir sama bentuknya terutama pada huruf (b, d, dan p) serta menulis kata. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman menulis huruf (b, d, dan p) pada anak autis kelas V menggunakan angka 8 tidur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses meningkatkan pemahaman menulis huruf (b, d, dan p) pada anak autis kelas V menggunakan angka 8 tidur. Pada siklus I ini memperoleh hasil peningkatan dimana pada kemampuan awal siswa memproleh nilai 44% sampai dengan pertemuan keempat yaitu 72%. Selanjutnya pada siklus II memperoleh hasil pada pertemuan satu yaitu 72% dan pada pertemuan terakhir siswa memperoleh nilai 89%. Hasil pemahaman menulis huruf (b, d, dan p) dapat meningkat menggunakan angka 8 tidur. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis huruf (b, d, dan p) menggunakan angka 8 tidur dapat meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2021 09:38
Last Modified: 31 Mar 2021 09:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item