Profil Penyandang Tunanetra (X) Berprestasi Bidang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional

Adzdzana, Agung Alfi (2019) Profil Penyandang Tunanetra (X) Berprestasi Bidang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AGUNG_ALFI_ADZDZANA_15003146_5592_2019.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang studi kasus yang penulis temukan di Sekolah Luar Biasa N egeri 1 Painan, dimana terdapat seorang penyandang tunanetra yang memiliki prestasi yang sangat membanggakan, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang membuat penyandang tunanetra bisa berprestasi di tingkat nasional dalam bidang musabaqah tilawatil qur' an. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini yaitu penyandang tunanetra, keluarga (istri), guru penyandang tunanetra dan teman tunanetra, agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa cara belajar penyandang tunanetra X dengan memperkenalkan ayat, kemudian dicarikan ayat yang tepat dan waqafnya yang pendek, lalu guru membacakan ayat tersebut, kemudian diulangi bacaan tersebut secara berulang-ulang. Dalam menghafal alqur'an strategi ditentukan oleh guru, dengan membacakan ayat demi ayat, baris demi baris, kemudian dibacakan secara berulang-ulang sampai ayatnya hafal, jika terjadi kesalahan dalam menghafal guru langsung menegur dan langsung dibetulkan bacaannya. Dalam meningkatkan variasi irama bacaan alqur'an X sering mendengarkan diyoutube dan bersenandung. KataKunci: Tunanetra, prestasi dan musabaqah tilawatil qur'an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:55
Last Modified: 18 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item View Item