Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.

Pratama, Alan Surya (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ALAN_SURYA_PRATAMA_16138005_4922_2019.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan lembar kerja peserta didik pelajaran instalasi penerangan listrik dan (2) mendeskripsikan respon pendidik pada implementasi pembelajaran berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analysis adalah proses yang akan menentukan proses pembelajaran yang akan dipelajari peserta didik. Tahap design adalah mengembangkan draf dari awal proses pembelajaran dan instrumen penilaian. Tahap development merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi dosen ahli dan pendidik, kemudian dilakukan uji coba terbatas di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Tahap implementation dilakukan pengujian tes hasil belajar peserta didik dan tes proyek untuk mengetahui keefektifan dari lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Tahap ini juga dilakukan pengisian angket respon yang diisi oleh pendidik dan peserta didik. Terakhir adalah tahap evaluation, dimana peneliti melakukan evaluasi pada tiap fase pengembangan lembar kerja peserta didik yang selanjutnya melakukan revisi untuk mengetahui apakah LKPD yang dikembangkan sudah valid untuk diaplikasikan atau belum dalam pembelajaran. Pengambilan data instrumen pada penelitian ini pada lembar kerja peserta didik, angket respon pendidik dan peserta didik. Teknik analisis data validitas LKPD dan angket respon menggunakan kategori skala empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek validasi, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata dalam kriteria valid dengan persentase 83,33%. Aspek praktikalitas, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata dalam kriteria praktis dengan nilai persentase 88,64%. Aspek efektivitas, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dalam kriteria efektif yang memiliki persentase 80,92% baik nilai pengetahuan maupun proyek diukur dari ketuntasan belajar klasikal peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka diambil kesimpulan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik sudah sesuai kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:55
Last Modified: 18 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26229

Actions (login required)

View Item View Item