Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Pada Mata Pelajaran Teknologi lnformasi Dan Komunikasi Kelas XII SMA

Fajril, Ikhlas (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran lnteraktif Pada Mata Pelajaran Teknologi lnformasi Dan Komunikasi Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_IKHLAS_FAJRIL_15004056_5584_2019.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan salah satu upaya untuk menciptakan media yang dapat membantu proses belajar mengajar lebih baik. Guru menjelaskan materi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di labor komputer. Siswa cenderung bosan belajar. Siswakesulitan dalam memahami materi dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan secara lisan. Akibatnya pembelajaran kurang efisien. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan multimedia pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif digunakan oleh siswa agar mendorong motivasi belajar untuk lebih aktif dan belajar secara mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini merujuk pada model Borg & Gall dan telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian mulai dari melakukan perencanaan, mengembangkan produk awal, melakukan validasi produk (validasi materi dan validasi media), melakukan uji coba, serta diperolehnya hasil akhir berupa multimedia pembelajaran interaktif. Instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket untuk mengukur validitas aspek materi dan media serta kepraktisan produk. Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil uji validitas produk oleh ahli media adalah kategori "SangatValid" .Validitas produk dengan ahli materi berada pada kategori "Sangat Valid". Selanjutnya, kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan menghasilkan rata-rata 4,68 berada dikategori "SangatPraktis".Oleh karena itu, multimedia pembelajaran interaktif layak diuji cobakan. Efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dilihat dari perbandingan hasil belajar siswa yang signifikan, diuji menggunakan t-test diperoleh thitung > ttabel (2,24> 1,7109). Hasil menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA kelas XII efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:32
Last Modified: 05 Apr 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26213

Actions (login required)

View Item View Item