Penggunaan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Batang Anai

Rahayu, Ridha Nur (2019) Penggunaan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIDHA_NUR_RAHAYU _15129038_4221_2019.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang belum dilaksanakan secara efektif. Hal ini dikarenakan guru kurang mampu melaksanakan pendekatan saintifik secara optimal, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 23 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 23 Batang Anai dengan jumlah siswa 34 orang, peneliti sebagai peraktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada siklus I , II dan III. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 75.00% (C), meningkat pada siklus II menjadi 88,88% (SB) kemudian meningkat menjadi 91.66% pada siklus III (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 87.50% (B), meningkat pada siklus II menjadi 91.66% (SB) kemudian meningkat menjadi 95.83% pada siklus III (SB). Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I rata-rata 75.00% (C), meningkat pada siklus II menjadi 83.30% (SB) kemudian meningkat menjadi 91.66% pada siklus III (SB). Pada pengamatan hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I, II dan III memperoleh 76.45%, 80.48% dan 90.22%. Pengamatan aspek keterampilan siklus I, II dan III diperoleh 66.86%, 87.34% dan 90.93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 23 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2020 02:42
Last Modified: 18 Mar 2020 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26206

Actions (login required)

View Item View Item