Pengaruh LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Fluida Terhadap Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang.

Pratiwi, Nadya (2019) Pengaruh LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Fluida Terhadap Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADYA_PRATIWI_15033037_826_2019.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang digunakan pendidik saat ini masih menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi, kurangnya penggunaan model dalam menerapkan pembelajaran peserta didik dirasa belum mampu meningkatkan kompetensi peserta didik yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pendidik masih menggunakan bahan ajar yang belum dikembangkan sehingga pembelajaran fisika bagi peserta didik dirasa kurang. LKPD yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya dalam pengembanganya peneliti tersebut menerapkan model discovery learning Pada LKPD, sehingga dapat di gunakan dalam pembelajaran fisika pada materi fluida untuk Kelas XI SMA N 12 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dilihat dari tiga aspek yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Designed. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil secara Cluster random sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis melalui posttest untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap serta lembar unjuk kerja untuk penilaian kompetensi keterampilan. Teknik analisis data berupa deskripsi bentuk grafik untuk kompetensi sikap serta uji kesamaan dua-rata-rata untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dalam semua aspek. Hasil analisis data kelas sampel terdistribusi normal dan homogen sehingga digunakan uji t dengan ttabel = 1,99, dengan taraf nyata sebesar 0,05. Pada kompetensi sikap diperoleh nilai thitung = 7,068 dengan rata-rata kompetensi sikap pada kelas eksperimen adalah 78,5 dan untuk kelas kontrol sebesar 68,59. Pada kompetensi pengetahuan diperoleh nilai thitung =2,27 dengan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen adalah 75,14 dan pada kelas kontrol sebesar 68,83. Pada kompetensi keterampilan di peroleh thitung sebesar 5,062 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,62 dan kelas kontrol 70,10. Dari uji t pada setiap kompetensi peserta didik di peroleh bahwa thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan LKPD berbasis model discovery learning pada materi fluida terhadap kompetensi peserta didik kelas XI SMAN 12 Padang. Keywords : discovery learning, fluida, LKP D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:04
Last Modified: 18 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item