Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Tanggung Jawab Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji

Pentri, Silvia (2019) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Tanggung Jawab Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SILVIA_PENTRI_16147022_6085_2019.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa kepuasan kerja guru di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji masih sangat rendah. Peneliti menduga faktor kepemimpinan kepala sekolah dan tanggung jawab guru yang mempengaruhinya , oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan:1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, 2) kontribusi tanggung jawab guru terhadap kepuasan kerja guru, dan 3) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan tanggung j awab guru secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) terdapat konribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, 2) terdapat kontribusi tanggung jawab guru terhadap kepuasan kerja guru, 3) terdapa kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan tanggung jawab guru terhadap kepuasan kerja guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Kuranji yang berjumlah 102 orang. Sampel penelitian berjumlah 86 orang yang dipillih menggunakan stratified proporsional random sampling.Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya.Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 3,6% ; 2) tanggung jawab guru berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 4,9%; 3) kepemimpinan kepala sekolah dan tanggung jawab guru berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 5,9%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terlihat bahwa kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori baik, tanggung jawab guru berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:04
Last Modified: 18 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item View Item