Enkapsulasi Molekul Minyak Esensial Frankincense (Boswellia sp.) dalam P­-Siklodekstrin (P­CD) sebagai Studi Awai Stabilitas"

Setiawan, Fauzan (2019) Enkapsulasi Molekul Minyak Esensial Frankincense (Boswellia sp.) dalam P­-Siklodekstrin (P­CD) sebagai Studi Awai Stabilitas". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_FAUZAN_SETIAWAN_15036066_853_2019.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Minyak esensial frankincense (Boswellia sp.) bermanfaat sebagai aromaterapi, bahan kosmetik, antibakteri, antiinflamasi dan sebagai antikanker, namun minyak esensial umumnya bersifat tidak stabil, rentan terhadap suhu tinggi, dan mudah teroksidasi. Untuk itu diperlukan enkapsulasi dengan suatu bahan penyalut yang dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut. ~ ­ siklodekstrin merupakan penyalut yang baik untuk enkapsulasi minyak esensial. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas serta stabilitas kompleks inklusi dengan berbagai variasi volume minyak esensial frankincense. Analisis FT­IR, UV­Vis, dan XRD pada kompleks inklusi memberikan hasil yang berbeda dari ~­siklodekstrin mumi. Titik leleh kompleks inklusi mengalami penurunan dari titik leleh ~­siklodekstrin mumi (>290°C). Titik leleh yang tinggi menunjukkan kompleks inklusi yang stabil dan tidak mudah rusak. Kata Kunci : enkapsulasi, frankincense,/J-siklodekstrin, ko-presipitasi, efektifitas, stabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:04
Last Modified: 18 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item